Pemasaran Omnichannel: Strategi Optimal Bisnis Modern di Berbagai Platform

startegi pemasaran omnichannel

Di zaman digital, bisnis harus kreatif meningkatkan pengalaman dan kesetiaan pelanggan. Mereka memanfaatkan berbagai cara, termasuk pemasaran omnichannel yang sedang trend. Melalui omnichannel, pelanggan bisa merasakan pengalaman belanja terbaik, dimanapun dan kapanpun.

Omnichannel bertujuan memberikan kemudahan berbelanja bagi pelanggan. Starbucks salah satu yang sukses, menggabungkan toko fisik dengan digital. Mereka menggunakan aplikasi dan situs web untuk memanjakan pelanggan.

Intisari Utama

  • Pemasaran omnichannel menggabungkan pengalaman pelanggan dari berbagai saluran, online dan offline.
  • Tujuannya adalah meningkatkan kesenangan pelanggan dan setia terhadap merek.
  • Penerapan omnichannel dapat meningkatkan kebahagiaan pelanggan dan efisiensi bisnis.
  • Teknologi dan informasi pelanggan sangat penting dalam omnichannel.
  • Contoh kesuksesan ada di berbagai industri, seperti Starbucks dan OmniBotika.

Memahami Konsep Pemasaran Omnichannel

Pemasaran omnichannel adalah cara baru yang digunakan banyak bisnis sekarang. Definisi omnichannel berarti menggabungkan banyak cara untuk berkomunikasi. Tujuannya adalah agar pelanggan merasa dilayani tanpa jeda dan sesuai dengan yang mereka inginkan2. Konsep ini lebih maju dibanding strategi multichannel karena lebih teratur dan terpadu2.

Definisi Pemasaran Omnichannel

omnichannel marketing adalah cara berkomunikasi dengan pelanggan lewat berbagai jalan seperti SMS, e-mail, dan media sosial menurut Sugesti et al. (2019)2. Hendriyani & Chan (2018) menulis bahwa omnichannel menggunakan banyak platform untuk promosi merek toko2. Perusahaan besar bahkan menggabungkan penjualan online dan offline dengan teknologi komunikasi2.

Perbedaan Omnichannel dan Multichannel

Perbedaan besar ada antara omnichannel dan multichannel. Multichannel hanya memakai beberapa cara untuk komunikasi dengan pelanggan, tapi bisa jadi tidak teratur. Sedangkan omnichannel lebih menyatu dan terorganisir, menciptakan pengalaman fokus untuk pelanggan2. Konsep ini sangat sesuai dengan generasi milenial karena mereka biasa pakai ponsel dan internet2.

“Lingkungan perusahaan yang menerapkan omnichannel marketing dapat menghadapi tantangan dan kesempatan baru dalam memahami informasi konsumen.”2 – David R. Bell et al. (2014)

Di zaman sekarang, sistem cloud sangat membantu untuk gabungkan berbagai transaksi melalui omnichannel marketing. Sedangkan big data dan analitik memberi informasi penting tentang kebutuhan pelanggan, kunci kesuksesan omnichannel marketing.

Pentingnya Strategi Pemasaran Omnichannel

Strategi omnichannel sangat penting bagi bisnis hari ini. Ini artinya pembeli bisa belanja lewat berbagai saluran, contohnya toko fisik, toko online, dan media sosial. Dengan strategi ini, belanja jadi lebih mudah dan efisien. Ini semua terjadi karena saluran belanja yang berbeda dipertemukan. Informasi tentang barang dagangan dan data pelanggan bisa disatukan ke satu tempat.

Memberikan Pengalaman Pelanggan yang Mulus

Strategi omnichannel mengutamakan pengalaman pelanggan. Dalam ritel, ini berarti pelanggan bisa belanja kapan saja dan dimana saja. Mereka juga bisa melihat histori belanja mereka. Lebih lanjut, strategi ini juga membantu meningkatkan pengalaman berbelanja. Ini bisa meningkatkan retensi pelanggan, loyalitas, serta efisiensi bisnis.

Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan

Strategi ini menjadikan komunikasi dengan pelanggan lebih lancar. Dampaknya adalah peningkatan kepuasan dan loyalitas. Bisnis juga bisa menikmati data pelanggan yang lebih holistik. Ini memungkinkan promosi yang lebih tepat dan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Akhirnya, bisnis mendapat manfaat berupa peningkatan profit dan loyalty dari pelanggan.

Selain menawarkan berbagai saluran, omnichannel juga bisa memberikan pengalaman yang personal. Strategi omnichannel itu sendiri cocok diterapkan di bisnis kecil. Mengenai biaya, memang besar. Tapi, dengan menerapkan konsistensi dan konektivitas, itu masih memungkinkan.

“Omnichannel memudahkan perusahaan mengelola bisnisnya dengan menggabungkan semua channel atau platform ke dalam satu channel.”

Mengenali Tantangan dalam Penerapan Pemasaran Omnichannel

Pemasaran omnichannel menawarkan banyak keuntungan. Namun, ada beberapa tantangan yang perlu diatasi. Salah satunya adalah membuat bisnis sejalan dengan apa yang diharapkan konsumen. Sebanyak 73% konsumen menggunakan berbagai saluran saat berbelanja. Ini menyarankan pentingnya pengalaman yang baik di setiap titik kontak.

Integrasi saluran dari offline ke online juga bukan perkara mudah. Data menunjukkan 73% pembeli lebih memilih banyak saluran daripada satu atau dua. Walaupun strategi omnichannel sukses, menyelaraskan saluran memerlukan usaha ekstra.

Mengatur stok secara merata juga menjadi tantangan. Perusahaan harus memastikan produk tersedia di setiap saluran. Pelanggan omnichannel bisa meningkatkan revenue hingga 30% lebih untuk perusahaan, menurut survei dari Harvard Business Review.

Analisis strategi omnichannel dan pengukurannya menantang. Menggunakan data analitik krusial untuk mendeteksi preferensi pelanggan. Perusahaan wajib memilih metrik yang pas untuk evaluasi kinerja dan perbaikan.

Menjaga keamanan dan privasi data konsumen adalah tantangan terbesar. Dengan beragam saluran, perusahaan mesti fokus pada perlindungan data pelanggan. Kepercayaan pelanggan pada keamanan data mendukung kesuksesan pemasaran omnichannel.

Merubah budaya organisasi penting untuk sukses dengan omnichannel. Kolaborasi tim dan komitmen seluruh organisasi kunci dalam menghadapi tantangan pemasaran ini.

Pesan yang konsisten di berbagai saluran meningkatkan niat beli hingga 90%, kata studi Interacting Advertising Bureau (IAB)7. Generasi milenial, menurut SDL, menginginkan pengalaman merek yang konsisten. Mengerti tantangan ini membantu kembangkan strategi omnichannel yang baik dan berikan pengalaman unggul kepada pelanggan.

Langkah-Langkah Mengimplementasikan Pemasaran Omnichannel

Untuk sukses, lakukan beberapa langkah penting dalam pemasaran omnichannel. Langkah pertama adalah pahami perilaku serta pilihan pelanggan. Pemasaran omnichannel membantu kita mengerti bagaimana konsumen memilih barang. Ini memicu pengalaman belanja yang lebih pribadi dan menyesuaikan dengan keinginan mereka.

Memahami Perilaku dan Preferensi Pelanggan

Mendalami perilaku dan selera pelanggan sangat krusial dalam succeding di bisnis. Studi pengalaman konsumen sangat penting dalam omnichannel marketing. Segmen pasar berdasarkan pada kar

Pemanfaatan Teknologi dalam Pemasaran Omnichannel

Teknologi sangat penting dalam pemasaran omnichannel. Ia menggabungkan data pelanggan dari berbagai tempat. Ini berguna untuk mengotomatisasi tugas yang sering dilakukan ulang9. Teknologi juga memungkinkan pengalaman pelanggan yang lebih pribadi.

Integrasi saluran komunikasi dalam teknologi omnichannel penting. Ini membantu tim layanan pelanggan menjawab dari banyak sumber di satu tempat. Efisiensi layanan meningkat berkat pendekatan ini9. Teknologi data pintar memberi wawasan tentang apa yang disukai pelanggan. Ini membantu dalam merencanakan iklan yang lebih efektif9.

Automatisasi proses dengan chatbot meningkatkan efisiensi. Layanan pelanggan bisa dijawab kapan pun tanpa perlu menunggu staf. Namun, penting juga untuk melindungi data pelanggan dengan aman.

Pentingnya memikirkan pelanggan terus ada dalam strategi omnichannel. Tujuannya adalah membuat pelanggan lebih setia dengan pengalaman yang selalu sama baik. Solusi baru, seperti Omnibotika, dibuat untuk membuat pelayanan lebih efisien.

omnichannel marketingt

Gunakan teknologi dengan benar dapat meningkatkan cara kita mengolah data. Hal ini juga menjadikan proses otomatis dan pengalaman lebih spesial bagi pelanggan. Penting untuk mengoptimalkan strategi omnichannel dengan teknologi.

“Teknologi yang tepat dapat memungkinkan integrasi data, otomasi, dan personalisasi dalam strategi pemasaran omnichannel untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.”

Studi menunjukkan, menggunakan pemasaran omnichannel membantu menghubungkan dengan target penonton kita. Sebuah analisis sepuluh tahun menemukan, itu memberikan keunggulan untuk sekolah pada zaman sekarang.

  1. Integrasi saluran komunikasi untuk meningkatkan efisiensi layanan pelanggan
  2. Analisis data canggih untuk merancang kampanye pemasaran yang lebih efektif
  3. Automatisasi proses untuk merespons pelanggan 24/7 tanpa intervensi manusia
  4. Keamanan data untuk menjaga informasi pelanggan tetap aman
  5. Fokus pada kepuasan pelanggan untuk meningkatkan loyalitas
  6. Solusi teknologi seperti Omnibotika untuk meningkatkan efisiensi layanan pelanggan

Manfaatkan teknologi inovatif bisa lebih dari sekedar meningkatkan efisiensi. Ia juga bisa menghidupi pengalaman dan kesetiaan pelanggan. Dengan mengolah teknologi tepat, sebuah bisnis bisa maju di dunia digital.

Aspek Penjelasan
Integrasi data pelanggan Teknologi memungkinkan penggabungan data pelanggan dari berbagai saluran, memudahkan pemahaman perilaku dan preferensi pelanggan secara menyeluruh.
Otomasi proses Penggunaan teknologi seperti chatbot dapat membantu merespons pelanggan secara otomatis 24/7, meningkatkan efisiensi layanan.
Personalisasi pengalaman Analisis data canggih memungkinkan personalisasi konten dan penawaran yang disesuaikan dengan kebutuhan individual pelanggan.
Keamanan data Teknologi enkripsi dan keamanan data penting untuk menjaga informasi pelanggan tetap aman dan terlindungi.

Di Indonesia, strategi pemasaran omnichannel telah menarik perhatian. Banyaknya transaksi online dan pengguna smartphone dari data menarik ini menunjukkan potensi besar. Penggunaan WhatsApp dan pengalaman positif pelanggan juga sangat berpengaruh.

  • 87% transaksi online dilakukan melalui platform digital di Indonesia,
  • 81% penduduk Indonesia menggunakan smartphone,
  • Penggunaan WhatsApp sebagai saluran komunikasi bisnis yang penting, dengan 50% pelanggan lebih suka bertransaksi melalui aplikasi pesan,
  • 89% pelanggan cenderung menjadi pembeli berulang karena pengalaman layanan pelanggan yang positif
  • Perusahaan di Indonesia seperti Starbucks, Amazon, Zara, dan BNI telah berhasil menerapkan strategi pemasaran omnichannel.

Optimalkan teknologi dalam strategi omnichannel. Hal ini bertujuan untuk memberikan manfaat besar di era digital. Integrasi data, otomasi proses, dan lebih lanjut, personalisasi pengalaman pelanggan, bisa berkontribusi besar.

Contoh Sukses Penerapan Pemasaran Omnichannel

Starbucks sukses menerapkan omnichannel. Mereka memadukan pengalaman dari toko dengan digital, seperti aplikasi dan situs web. Pelanggan bisa melakukan transaksi dan kumpulkan poin di mana saja, dengan cara yang sama. Ini berikan kebebasan untuk berinteraksi sesuai kesukaan mereka.

Sephora juga sukses menggabungkan pengalaman belanja. Mereka tawarkan fitur unik, seperti pelacakan pembelian dan tutorial. Pelanggan jadi bisa belanja dengan lancar di seluruh saluran.

Bisnis-bisnis lain juga berhasil menerapkan omnichannel dengan baik.

  • Timberland gabungkan info online dengan belanja offline lewat NFC.
  • Singapore Airlines bermitra untuk memudahkan belanja dan pemesanan secara terintegrasi.
  • Nike gunakan omnichannel untuk kampanye pemasaran yang personal.
  • Apple gabungkan toko fisik dengan platform digital dengan sukses.
  • Zara terapkan strategi omnichannel melalui saluran online dan offline.
  • Singapore Airlines terapkan omnichannel dengan sukses di industri penerbangan.
  • Disney memanfaatkan berbagai platform untuk pengalaman pengunjung yang lebih baik.

Omnichannel menggabungkan banyak saluran dalam satu wadah terintegrasi. Ini termasuk media sosial, marketplace, email, dan situs web. Tokopedia, Bukalapak, dan Bank BNI adalah contoh sukses di Indonesia. Aplikasi seperti Omnibotika, Barantum, dan Vend memfasilitasi interaksi bisnis dengan pelanggan. Perusahaan besar seperti Apple, Amazon, dan Starbucks telah sukses terapkan omnichannel. Strategi ini meningkatkan keterlibatan pelanggan dan pertumbuhan bisnis.

Banyak perusahaan terkenal menunjukkan keberhasilan dengan omnichannel. Mereka rasakan manfaat besar seperti kepuasan pelanggan, peningkatan penjualan, dan kampanye pemasaran yang lebih efektif. Omnichannel juga meningkatkan kualitas data yang mendukung pengambilan keputusan.

“Omnichannel marketing telah terbukti menjadi strategi yang efektif bagi bisnis-bisnis modern untuk memberikan pengalaman pelanggan yang terpadu dan konsisten di berbagai saluran.”

Mengukur dan Mengoptimalkan Strategi Pemasaran Omnichannel

Penting bagi perusahaan untuk menetapkan metrik kunci untuk strategi pemasaran omnichannel. Ini termasuk meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan. Dengan menganalisis data dari berbagai saluran, perusahaan bisa tahu apa yang harus diperbaiki dalam strategi mereka.

Menetapkan Metrik Kunci untuk Pengukuran

Salah satu metrik penting adalah peningkatan traffic dan penjualan. Data menunjukkan toko offline yang menggunakan strategi omnichannel bisa naik 30% dibandingkan yang tidak. Omnichannel juga membuat lebih banyak orang kunjungi toko offline setelah melihat informasi dari internet.

Kemampuan omnichannel memberikan pengalaman terpadu. Ini memungkinkan pelanggan bebas berpindah antara saluran tanpa hambatan. Juga, omnichannel memungkin personalisasi iklan dengan data pelanggan dari berbagai sumber.

Menganalisis Data untuk Identifikasi Area Peningkatan

Sociomile dari Ivosights menawarkan cara mengintegrasikan banyak saluran komunikasi dalam satu alat. Ini memudahkan perusahaan dalam mengelola interaksi pelanggan tanpa membuka banyak platform. Pelanggan bisa beralih dari toko offline ke online tanpa merasakan perbedaan dalam pengalaman ini menguntungkan bisnis.

Analisis data omnichannel membantu memahami apa yang diinginkan pelanggan. Dari situ, perusahaan bisa merancang strategi iklan yang tepat. Memberikan pelayanan yang baik membuat pelanggan ingin tetap setia, yang meningkatkan retensi. Strategi tersebut juga meningkatkan kemungkinan pelanggan melakukan pembelian tambahan.

Strategi omnichannel bisa menjadikan perusahaan lebih terjangkau oleh pelanggan. Hal ini disebabkan oleh konsistensi dan kemudahan akses yang diberikanomnichannel dibandingkan multichannel. Pelayanan yang responsif dan personal meningkatkan kepuasan pelanggan. Pelanggan yang puas biasanya merekomendasikan perusahaan kepada orang lain.

Integrasi saluran komunikasi omnichannel juga meningkatkan efisiensi tim. Ini karena pelacakan informasi dan respons yang cepat jadi lebih mudah. Strategi yang baik melibatkan integrasi data pelanggan dan kesinambungan perjalanan pelanggan.

Dengan terus mengukur dan mengasah strategi, perusahaan bisa lebih tepat memenuhi kebutuhan pelanggan. Ini juga menjaga strategi tetap efisien dalam perubahan preferensi pelanggan.

Tren dan Perkembangan Terkini Pemasaran Omnichannel

Pemasaran omnichannel terus berkembang. Itu diikuti dinamika pasar dan kemajuan teknologi. Kini, pengalaman pelanggan yang terintegrasi dan terpersonalisasi sedang populer. AI dan otomasi digunakan banyak untuk meningkatkan efisiensi. Namun, masalah keamanan data juga penting di era digital saat ini.

Omnichannel terus tumbuh dengan cepat. Penelitian PwC menunjukkan, di Amerika Utara dan Eropa, pertumbuhan dari 20% naik jadi 80% di tahun 2020. Ini menandakan banyak bisnis menggunakan strategi ini untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Strategi omnichannel yang terus berkembang membantu bisnis tetap kompetitif. Ini juga memberikan pengalaman pelanggan yang optimal di era digital19. Pelanggan merasa dihargai dengan pengalaman sesuai preferensi dan pembayaran digital yang cepat19.

Tapi, memastikan konsistensi omnichannel adalah tantangan. Begitu juga menjaga keamanan data pelanggan di semua saluran itu sulit19.

Dukungan big data dan analitik penting dalam mengoptimalkan strategi omnichannel. Ini membantu meningkatkan layanan pelanggan di semua saluran19.

Konsumen dari generasi millennial dan Gen Z suka pengalaman belanja omnichannel. Mereka mencari konsistensi, kenyamanan, dan personalisasi dari setiap brand20.

Pemasaran omnichannel dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dan loyalitas. Juga, mengoptimalkan operasi bisnis dengan meningkatkan efisiensi dan penjualan20.

Kesimpulan

Di era digital sekarang, strategi pemasaran omnichannel sangat penting. Pelanggan terhubung erat dan punya harapan tinggi. Mereka menginginkan pengalaman berbelanja yang mulus.

Dengan integrasi saluran pemasaran, omnichannel memberi pengalaman yang lebih baik. Ini meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Juga, omnichannel membantu bisnis tumbuh.

Walaupun sulit, teknologi dan analisis data bisa atasi masalah. Mereka membantu meningkatkan strategi pemasaran23. Bisnis yang bisa terapkan omnichannel dengan sempurna punya keunggulan di pasar saat ini.

Mengutamakan pengalaman pelanggan yang konsisten penting. Begitu juga pemanfaatan data untuk personalisasi. Ini kunci sukses di era digital, strategi pemasaran omnichannel bisa tingkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Juga mempercepat pertumbuhan bisnis lewat efisiensi operasional dan penjualan2223.,

FAQ

Apa itu pemasaran omnichannel?

Pemasaran omnichannel adalah cara pemasaran yang memakai banyak saluran. Strategi ini bekerja agar pengalaman pelanggan lebih baik. Tujuannya adalah membuat pelanggan puas dan setia.

Apa perbedaan antara omnichannel dan multichannel?

Omnichannel lebih unggul karena integrasinya yang baik antara banyak saluran. Hal ini mempermudah pengelolaan bisnis di semua tempat lewat satu jalur komunikasi saja.

Mengapa strategi pemasaran omnichannel penting?

Omnichannel penting untuk pengalaman pelanggan tanpa hambatan. Ini meningkatkan kepuasan dan setia pelanggan. Juga, bantu bisnis untuk tumbuh di zaman digital.

Apa saja tantangan dalam penerapan pemasaran omnichannel?

Tantangannya banyak. Mulai dari penyesuaian bisnis dengan yang diharapkan pelanggan. Sampai integrasi saluran, manajemen stok, analitis yang akurat, dan menjaga data aman.

Bagaimana langkah-langkah mengimplementasikan pemasaran omnichannel?

Pertama, kenali benar perilaku dan keinginan pelanggan. Kedua, gabungkan saluran pemasaran untuk pengalaman pelanggan yang harmonis. Terakhir, kelola data pelanggan dengan cermat untuk strategi yang lebih baik.

Bagaimana peran teknologi dalam penerapan pemasaran omnichannel?

Teknologi sangat mendukung pemasaran omnichannel. Ia membantu dengan integrasi data, otomatisasi proses, dan personalisasi pengalaman pelanggan.

Bagaimana cara mengukur keberhasilan strategi pemasaran omnichannel?

Mengukur keberhasilan butuh metrik yang jelas, seperti peningkatan penjualan atau kepuasan pelanggan. Analisis data saluran berbeda bantu temukan area yang butuh perhatian lebih.

Apa tren terkini dalam pemasaran omnichannel?

Tren antisipasi pengalaman pelanggan yang lebih terintegrasi dan personal. Kecerdasan buatan dan otomasi diterapkan lebih banyak. Semuanya dengan fokus pada keamanan dan kepatuhan data.

Link Sumber

  1. https://omni.botika.online/blog/posts/panduan-strategi-omnichannel-marketing – Cara Membuat Strategi Omnichannel Marketing yang Efektif
  2. https://bbs.binus.ac.id/gbm/2020/04/22/konsep-omnichannel-marketing/ – Konsep Omnichannel Marketing
  3. https://www.jurnal.id/id/blog/omnichannel-untuk-bisnis-ritel/ – Pentingnya Strategi Marketing Omnichannel untuk Bisnis Ritel – Mekari Jurnal
  4. https://www.telkomsel.com/enterprise/insight/blog/omnichannel-adalah – Pentingnya Omnichannel untuk Pertumbuhan Bisnis: Panduan Lengkap
  5. https://lenna.ai/7-alasan-omni-channel-adalah-hal-penting-untuk-bisnis-anda/ – 7 Alasan Omni Channel Adalah Hal Penting Untuk Bisnis Anda. – Lenna.ai
  6. https://mtarget.co/blog/gunakan-omnichannel-marketing-funnel-sekarang – 7 Alasan Omnichannel Marketing Funnel Harus Digunakan
  7. https://sekawanstudio.com/blog/omni-channel-marketing/ – Apa itu Omni Channel Marketing? Ini Pengertian & Manfaatnya
  8. https://mekari.com/blog/omnichannel-marketing/ – Omnichannel Marketing: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Tips
  9. https://omni.botika.online/blog/posts/bagaimana-teknologi-mendukung-implementasi-strategi-omnichannel – Bagaimana Teknologi Mendukung Implementasi Strategi Omnichannel
  10. https://scholarhub.ui.ac.id/jvi/vol9/iss1/5/ – PEMANFAATAN STRATEGI OMNICHANNEL MARKETING DI PERGURUAN TINGGI
  11. https://sleekflow.io/id-id/blog/pengertian-omnichannel-manfaat-strategi-dan-contohnya – Pengertian Omnichannel, manfaat, strategi, dan contohnya | SleekFlow
  12. https://majoo.id/blog/detail/inilah-brand-yang-berhasil-menerapkan-omnichannel-marketing – Inilah Brand yang Berhasil Menerapkan Omnichannel Marketing
  13. https://omni.botika.online/blog/posts/contoh-omnichannel-dari-merek-merek-terkemuka – Contoh Omnichannel dari Merek Merek Terkemuka
  14. https://www.doku.com/blog/omnichannel-marketing/ – 7 Brand Terkenal yang Sukses Menerapkan Omnichannel Marketing – Blog DOKU
  15. https://mtarget.co/blog/apa-itu-omnichannel-marketing/ – Omnichannel Marketing: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja
  16. https://ivosights.com/read/artikel/omni-channel-inilah-7-strategi-marketing-untuk-bisnis-anda – Inilah 7 Strategi Omni-Channel Marketing untuk Bisnis Anda
  17. https://www.barantum.com/blog/omnichannel-adalah/ – Omnichannel: Pengertian, Jenis, Manfaat dan Strateginya – Barantum
  18. https://ecentrix.co.id/trend-omnichannel-2022/ – Trend Omnichannel 2022 – eCentrix
  19. https://www.doxadigital.com/doxa-update/tren-teknologi-terkini-dalam-omnichannel/ – Tren Teknologi Terkini dalam Omnichannel
  20. https://telkomsel.com/enterprise/insight/blog/omnichannel-adalah – Pentingnya Omnichannel untuk Pertumbuhan Bisnis: Panduan Lengkap
  21. https://mai.co.id/manfaat-omni-channel-marketing/ – Omnichannel Marketing: Terintegrasi Tingkatkan Konversi – MAI
  22. https://pgbayarind.id/Blog/7-Strategi-Omnichannel-Marketing-yang-dapat-Meningkatkan-Penjualan – 7 Strategi Omnichannel Marketing yang dapat Meningkatkan Penjualan
  23. https://www.sab.id/strategi-omnichannel-marketing-kepuasan-pengalaman/ – Strategi Omnichannel Marketing: Kepuasan Pengalaman No 1

 

Dapatkan update terbaru dengan berlangganan.

Tinggalkan Pesan

Alamat surel Anda tidak akan disiarkan.

Terimakasih Sudah Mengunjungi Laman ini.

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Kami akan menganggap Anda baik-baik saja dengan ini, tetapi Anda dapat menyisih jika mau. Terima Lanjut Baca